Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 01 (2024): Volume 09 No. 01 Maret 2024

PEMANFAATAN MEDIA WORDWALL SEBAGAI STIMULASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TK ISLAM MUTIARA AL-MADANI: Penelitian Kualitatif

Balqis Hauro, Azzahra (Unknown)
Susanti, Fitria (Unknown)
Monika Sari, Yensi (Unknown)
Nur ismiatun, Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini terutama pada fase di bawah tujuh tahun yang dikenal sebagai masa keemasan (Golden Age). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Wordwall sebagai alat bantu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Islam Mutiara Al-Madani. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan empat tahap berdasarkan prinsip Milles dan Huberman yaitu Reduksi data, Interpretasi data, pengajian data dan penarian Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara sistematis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Anak-anak menjadi lebih terampil dalam menyebutkan simbol huruf, mengenal bunyi awal kata, serta memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Hasil ini menunjukkan bahwa Wordwall merupakan alat bantu yang efektif dan relevan untuk memperkuat keterampilan literasi anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...