Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 December 2024 In Press.

IMPEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN DI MTS HASYIM ASY'ARI BAWANG KABUPATEN BATANG

Evy Suprihatiningsih (Unknown)
Maryanto (Unknown)
Dyah Nugrahani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membahas rendahnya tingkat kemandirian siswa di MTs Hasyim Asy'ari Bawang, Kabupaten Batang, baik secara akademik maupun sosial. Siswa menghadapi tantangan inisiatif yang rendah, pengelolaan waktu yang buruk, serta tanggung jawab yang lemah. Penelitian ini bertujuan menerapkan Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemandirian, dengan mengeksplorasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapannya. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua, lalu dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan dampak positif Profil Pelajar Pancasila terhadap kemandirian siswa, terutama dalam pengambilan keputusan dan tanggung jawab. Namun, tantangan berupa keterbatasan pelatihan guru dan infrastruktur pendidikan masih ada. Rekomendasi meliputi penguatan kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua, serta pelatihan berkelanjutan dan dukungan infrastruktur untuk memastikan implementasi berjalan optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...