Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NURUL IKHWAN KABUPATEN MAROS

Al Ansari (Unknown)
Nurlaelah (Unknown)
Nur Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kepemimpinan Kepala Madrasah yaitu kemampuan untuk menciptakan perubahanyang efektif dalam perilaku kelompok dan dapat mempengaruhi kegiatan kelompokke arah dan pencapaian tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikanManajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Aliyah NurulIkhwan Maros, 2) Mendeskripsikan Mutu Pendidikan di Madrasah Nurul IkhwanMaros. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif denganmenggunakan pendekatan deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa KepalaMadrasah sudah melakukan proses manajerial dengan baik. Pada tahapanperencanaan Kepala Madrasah memadukan antara pendekatan administratifdengan pendekatan akar rumput yang disusun berdasarkan atas kebutuhan pesertadidik, semua elemen bekerja sama dengan baik sehingga menciptakan Suasanayang baik, Pada bidang keuangan, Kepala Madrasah dibantu oleh bendahara dariTata Usaha untuk Menyusun RAPBM, SPP, pembayaran gaji, penggalian dana danpembuatan laporan keuangan. Dalam proses pengorganisasian Kepala Madrasahmelakukan dua tahapan yaitu tahapan tingkat struktural dan akademik, Madrasahtelah menerapkan fungsi strukturalisasi yaitu menempatkan personal dalam strukuryang jelas, dalam hal ini menggunakan sistem komando. Tahapan pelaksanaanadministrasi dilakukan secara tertib dan Kepala Madrasah mengetahuiperkembangannya setiap bulan. Pembuatan laporan berupa statistik Madrasahyang dilakukan setiap akhir bulan dan ditandatangani Kepala Madrasah sebagaibentuk pengawasan dan tanggungjawab. Mutu Pendidikan di Madrasah AliyahNurul Ikhwan Maros tergolong baik dan sudah sesuai dengan target visi dan misiMadrasah, peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah dipengaruhi oleh banyakfaktor seperti peran Alumni, penggunaan Sosial media, sosialisasi yang baik danManajerial Kepala Madrasah oleh pihak Madrasah dengan pihak-pihak non internalMadrasah,Standar-Standar Nasional Pendidikan telah berjalan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...