Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Dwi sani, Pebi (Unknown)
Astuti, Yeni Puji (Unknown)
bahri, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Secara umum, kesulitan dalam proses pembelajaran adalah guru menggunakan pendekatan ceramah untuk menyampaikan konten pembelajaran. Selain itu, guru membimbing siswa melalui tugas, debat, latihan, dan sesi tanya jawab, serta pendekatan pembelajaran umum lainnya. Media flipbook menyediakan opsi alternatif untuk menilai kemampuan menulis siswa. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh media flipbook terhadap keterampilan menulis di Sekolah Dasar Tanah merah 1 di sumenep. Penelitian ini bersifat kuasi-eksperimental, dengan desain kelompok kontrol nonequivalent. Sampel adalah siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B masing-masing dengan jumlah 18 siswa. Strategi pengumpulan data meliputi tes. Sementara itu, prosedur analisis data menggunakan instrumentasi dan tes analisis data berdasarkan temuan penelitian dengan memanfaatkan IBM SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian, media flipbook berpengaruh nyata terhadap keterampilan menulis siswa di SDN Tanah Merah 1 dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 61,77 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,74.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...