Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 December 2024 In Press.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI ( SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) BERBANTUAN MEDIA VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rina Galuh (Universitas Mataram)
Sukardi (Universitas Mataram)
Mashyuri (Universitas Mataram)
Ni made Novi Suryanti (Universitas Mataram)
Yuvita Sekartaji (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Savi berbantuan media vlog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kuasi eksperimental dengan rancangan posttest-only non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sosial di SMAN 4 Mataram yang disebarkan di 5 kelas yaitu kelas X sosial 1, X sosial 2, X sosial 3, X sosial 4, dan X sosial 5. Sampel penelitian ini adalah kelas X sosial 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X sosial 5 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling setelah melalui proses penyepadanan kelas. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang telah memenuhi kriteria instrument. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis tes parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Savi berbantuan media vlog terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dari niai rata-rata kelas eksperimen (84,59) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol (75,39). Model savi sejalan dengan teori konstruktivistik karena keduanya menekankan keaktifan siswa, keterlibatan pengalaman langsung, serta pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, dengan menerapkan model savi dalam pembelajaran, guru dapat membantu peserta didik membangun pemhaman dengan cara yang lebih efektif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...