Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 Progres

PENGARUH KUALITAS MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU

Aminollah Aminollah (STKIP PGRI Sumenep)
Framz Hardiansyah (STKIP PGRI SUMENEP)
Zainuddin Zainuddin (STKIP PGRI SUMENEP)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh kualitas manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data dari 6 responden yang dipilih secara proporsional menggunakan rumus Slovin. Analisis regresi linier berganda dilakukan, dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t untuk regresi sederhana dan uji-F untuk regresi berganda. Analisis ini mendukung empat hipotesis: (1) Kualitas manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru; (2) Iklim sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru; (3) Kualitas manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap iklim sekolah; (4) Secara bersama-sama, kualitas manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini menyoroti peran gabungan kualitas manajerial dan iklim sekolah dalam meningkatkan efektivitas guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepala sekolah harus memprioritaskan fungsi manajerial sekaligus mengembangkan iklim sekolah yang mendukung. Komunikasi yang efektif, kolaborasi, dan dinamika hubungan yang kuat merupakan area kunci yang perlu difokuskan untuk meningkatkan hasil kinerja guru. Memperkuat kinerja guru membutuhkan keseimbangan antara tanggung jawab manajerial kepala sekolah dengan upaya menciptakan iklim sekolah yang positif, yang menunjukkan bahwa praktik kepemimpinan yang berfokus pada kedua aspek ini dapat memberikan manfaat substansial bagi kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...