Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04, Desember 2024.

STRATEGI EFEKTIF GURU DALAM MENYUSUN TEMA UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK

Siti Masnimah Soraya (Universitas Lambung Mangkurat)
Halimatus Sa'diah (Unknown)
Rezki Septiana (Universitas Lambung Mangkurat)
Yana Sartika (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pendekatan yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema yang sama, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui keterkaitan antara disiplin ilmu yang berbeda. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi-strategi efektif yang dapat diterapkan oleh guru dalam menyusun tema pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan angket yang dilakukan kepada para guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan tema yang relevan dan menarik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperkuat pemahaman konsep. Selain itu, integrasi berbagai mata pelajaran dalam satu tema, pemahaman karakteristik siswa, serta penggunaan metode pembelajaran yang variatif menjadi faktor penting dalam kesuksesan pembelajaran tematik. Penelitian ini juga menemukan bahwa pemanfaatan teknologi dan keterlibatan orang tua serta komunitas dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan strategi yang tepat, pembelajaran tematik dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, serta mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...