Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 7, No 3 (2024)

PENGGUNAAN MEDIA SLOT AND BALL BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI LAHAN RAWA DAN NILAI KEISLAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI PEREAKSI PEMBATAS

Viony Febriyanti (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia.)
Herlina Apriani (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia.)
Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Konsep kimia yang bersifat abstrak seperti pereaksi pembatas memerlukan media yang mampu memvisualisasikan konsep abstrak tersebut menjadi lebih konkrit. Pembelajaran kimia secara konseptual dengan mengaitkan karakter religius dan kearifan lokal membantu siswa memahami konsep kimia secara nyata. Penelitian ini bertujuan untu mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media slot and ball berbantuan lembar kerja peserta didik terintegrasi lahan rawa dan nilai keislaman pada sub materi pereaksi pembatas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Penelitian ini menggunakan metode The Static Group Comparison Design (TSGCD). Data penelitian dikumpulkan melalui tes dengan instrumen soal tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U test berbantuan SPSS v.26. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media slot and ball berbantuan lembar kerja peserta didik pada sub materi Pereaksi Pembatas. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian dapat membantu siswa dalam mempelajari kimia secara kontektual dan memahami konsep-konsep abstrak menjadi lebih konkrit.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...