Al-Anshor : Jurnal Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2025): EDISI JANUARI-JUNI 2025

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 BARUS KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Yuri Indri Yani (Unknown)
Tarigan, Sabarita Br. (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Kurikulum Merdeka dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Negeri 1 Barus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut mencakup empat aspek utama, yaitu pengembangan kurikulum operasional sekolah, pemanfaatan perangkat ajar, pelaksanaan proyek Profil Pelajar Pancasila, serta pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap pencapaian belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi guru dan peserta didik untuk berinovasi serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih fleksibel dan kontekstual. Meskipun demikian, implementasinya masih menghadapi beberapa tantangan seperti keterbatasan fasilitas, variasi pemahaman guru terhadap kurikulum, dan kebutuhan pelatihan berkelanjutan. Dengan demikian, dibutuhkan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak agar Kurikulum Merdeka dapat berjalan secara optimal dan memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ansor

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Anshor: Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh STIT Hamzah Al-Fansuri Sibolga Barus merupakan jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah bidang pendidikan, pendidikan terapan, praktik pembelajaran. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember. Al-Anshor: Jurnal Pendidikan memuat ...