Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS BUDAYA MELAYU RIAU DI SEKOLAH DASAR

Aztera, Nur Aini (Unknown)
Zufriady (Unknown)
Marhadi, Hendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Di era digital, peran teknologi dan informasi komunikasi telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi, juga membawa inovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu media pembelajaran di era digital yaitu, augmented reality. Augmented Reality menawarkan solusi dengan menghadirkan visualisasi 3D, sehingga materi pembelajaran lebih mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality berbasis budaya Melayu Riau di sekolah dasar yang valid dan praktis. Media pembelajaran augmented reality dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian R&D dengan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Validasi produk dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu ahli media, materi, dan bahasa dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan 92,36% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk yang dilakukan kepada peserta didik memperoleh skor rata-rata keseluruhan 89,8% dengan kategori sangat praktis dan respon guru sebesar 95,3% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran augmented reality berbasis budaya Melayu Riau di sekoah dasar layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...