Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

HAMBATAN DAN SOLUSI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN SEMANGAT DALAM 3

Muhammad Syafi'e (Unknown)
Najlaa Annisa Faadiyah (Unknown)
Najwa Ulya Nugrahaini (Unknown)
Ghina Shalihah (Unknown)
Aslamiah (Unknown)
Diani Ayu Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar masih menghadapi berbagai permasalahan dalam penerapannya. Oleh karena itu, evaluasi diperlukan untuk memastikan pelaksanaannya berjalan dengan baik, dimulai dengan mengidentifikasi hambatan serta menentukan solusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala serta solusi dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN Semangat Dalam 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat hambatan utama dalam penerapan kurikulum merdeka, yaitu: (1) keterbatasan sarana dalam pembelajaran, (2) kesulitan guru dalam menggunakan teknologi, (3) masih adanya pola pikir guru yang cenderung menggunakan metode lama dan bergantung pada buku teks, serta (4) kesiapan peserta didik yang masih rendah dalam belajar secara mandiri. Adapun cara mengatasi hambatan tersebut, sekolah menerapkan berbagai strategi, seperti penggunaan sarana pembelajaran secara bergilir, pembentukan komunitas belajar guru, pelatihan penggunaan teknologi, serta penerapan metode pembelajaran aktif dan diferensiasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kendala-kendala tersebut dapat diminimalisir dengan kolaborasi antara guru, sekolah, dan pihak terkait guna mendukung penerapan kurikulum secara optimal. Penelitian ini bertujuan sebagai rujukan praktis bagi sekolah dasar lainnya dalam menerapkan kurikulum merdeka secara lebih efektif, dengan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi masing-masing sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...