Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran IPA di SD Inpres Tomra. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group pre-test post-test. Sampel penelitian sebanyak 22 siswa yang mengikuti pre-test sebelum intervensi dan post-test setelah pembelajaran dengan Wordwall. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah menggunakan Wordwall. Rata-rata nilai pre-test sebesar 54,17 meningkat menjadi 83,05 pada post-test. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan Wordwall terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa Wordwall merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Media interaktif seperti Wordwall dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025