Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBANTUAN KOMIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA

Miatun Ramadhani (Universitas Mataram)
Muhammad Tahir (Universitas Mataram)
Lalu Wira Zain Amrullah (Universitas Mataram)
Muhammad Erfan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran IPA berbantuan komik terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV SDN 37 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independen sampel t-test dan uji prasyarat yang harus dipenuhi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji independen sampel t-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,036 > 2,024 dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak dengan nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,960. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran IPA berbantuan komik terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV di SDN 37 Cakranegara dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...