Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 t

IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MIS AL-IKHLAS DONGGO

Tri Rahmania (Universitas Muhammadiyah Bima)
Abdussahid (Universitas Muhammadiyah Bima)
Yayuk Kusumawati (Universitas Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi ice breaking dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIS Al-Ikhlas Donggo. Latar belakang penelitian ini di dasari oleh rendahnya minat belajar siswa yang kurang optimal. Ice breaking diterapkan sebagai strategi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, membangun kepercayaan diri, serta meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, adapun alasan menggunakan metode ini adalah karena ingin menggali, mengamati, atau mencari data-data yang lebih akurat terkait dengan penelitian tersebut, dan berdasarkan jenis datanya penelitian ini menggunakan metode penelitian tersebut, dan berdasarkan jenis datanya penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ice breaking secara efektif mampu meningkatkan minat belajar siswa, ditandai dengan meningkatnya antusiasme, perhatian dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, implementas ice breaking dapat dijadikan alternative strategi pembelajaran untuk menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan mendorong prestasi akademik siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...