Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal statistika. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa SD Negeri Nganti Gemolong berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi berupa hasil pekerjaan siswa berdasarkan instrumen soal statistika dengan parameter kompetensi meliputi: 1) Menentukan modus, 2) Menentukan median dari data berjumlah ganjil, 3) Menentukan median dari data berjumlah genap, 4) Menghitung nilai rata-rata suatu data, 5) Menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa tergolong tinggi, terutama dalam menghitung rata-rata (57%) dan menganalisis data (82%). Rendahnya pemahaman konsep dasar statistika, kesulitan memodelkan masalah matematika, serta lemahnya kemampuan menarik kesimpulan menjadi faktor penyebab utama permasalahan tersebut.
Copyrights © 2025