Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SEKOLAH DASAR: ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SEKOLAH DASAR

Khoirun Nissa Febriyanti Sholikah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sularsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Budi Murtiyasa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nining Setyaningsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal statistika. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa SD Negeri Nganti Gemolong berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi berupa hasil pekerjaan siswa berdasarkan instrumen soal statistika dengan parameter kompetensi meliputi: 1) Menentukan modus, 2) Menentukan median dari data berjumlah ganjil, 3) Menentukan median dari data berjumlah genap, 4) Menghitung nilai rata-rata suatu data, 5) Menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa tergolong tinggi, terutama dalam menghitung rata-rata (57%) dan menganalisis data (82%). Rendahnya pemahaman konsep dasar statistika, kesulitan memodelkan masalah matematika, serta lemahnya kemampuan menarik kesimpulan menjadi faktor penyebab utama permasalahan tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...