Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanapengaruh penggunaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap keterampilanberbicara siswa kelas V SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahmetode pembelajaran LSQ berpengaruh terhadappeningkatan keterampilan berbicara siswa. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenispenelitian eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelasV SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan berbicara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil Paired Samples Test yang ditampilkan pada Tabel 5, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05), maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar.
Copyrights © 2025