Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI UJUNG TANAH 2 KOTA MAKASSAR

Rosmina Amelia (Unknown)
Aliem Bahri (Unknown)
Anin Asnidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanapengaruh penggunaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap keterampilanberbicara siswa kelas V SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahmetode pembelajaran LSQ berpengaruh terhadappeningkatan keterampilan berbicara siswa. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenispenelitian eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelasV SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan berbicara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil Paired Samples Test yang ditampilkan pada Tabel 5, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05), maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Ujung Tanah 2 Kota Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...