Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2025): Volume 10 No. 2 Juni 2025

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Ishmah, Qonita Al- (Unknown)
Heri Hadi Saputra (Unknown)
Hikmah Ramdhani Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran IPA menuntut diterapkannya model pembelajaran yang mendorong keaktifan dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif PhET Simulation terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Rangkaian Listrik. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design di SDN 33 Mataram. Sampel ditentukan melalui teknik sampling jenuh, dengan kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan uji independent samples t-test dan uji N-Gain. Hasil menunjukkan bahwa nilai (6,752) > (2,010), yang berarti terdapat pengaruh signifikan model PBL berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Nilai N-Gain sebesar 0,578 berada dalam kategori sedang, menunjukkan peningkatan hasil belajar yang cukup efektif. Dengan demikian, model PBL berbantuan media PhET Simulation terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...