Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS BERMUATAN CERITA DONGENG SASAK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 5 SDN 42 MATARAM

Wijayanti, Ciptaning Syifa (Unknown)
Tahir, Muhammad (Unknown)
Handika, Ilham (Unknown)
Zain, Moh. Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang kertas bermuatan cerita dongeng Sasak terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V di SDN 42 Mataram. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel terdiri dari 38 siswa yang dibagi rata ke dalam kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan observasi, serta dianalisis menggunakan uji t. Hasil menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,63) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (75,89), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, media wayang kertas berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...