Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V SD INPRES BORISALLO

RAHMATIAH (Unknown)
MA'RUF (Unknown)
NASRAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas V SD Inpres Borisallo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan prosedur penelitian observasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Borisallo sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata pretest 48,13 dikategorikan rendah dan belum tuntas sedangkan setelah penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada saat posttest nlai rata-ratanya dikategorikan tinggi dan tuntas yaitu 86,60. Pada hasil uji N-Gain nilai rata-rata siswa dikategorikan tinggi yaitu 0,73 dari N-Gain > 0,7. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan pengetahuan siswa pada Mata Pelajaran IPAS materi sistem pernapasan dan sistem pencernaan manusia kelas V di SD Inpres Borisallo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...