Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas V SD Inpres Borisallo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan prosedur penelitian observasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Borisallo sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata pretest 48,13 dikategorikan rendah dan belum tuntas sedangkan setelah penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada saat posttest nlai rata-ratanya dikategorikan tinggi dan tuntas yaitu 86,60. Pada hasil uji N-Gain nilai rata-rata siswa dikategorikan tinggi yaitu 0,73 dari N-Gain > 0,7. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan pengetahuan siswa pada Mata Pelajaran IPAS materi sistem pernapasan dan sistem pencernaan manusia kelas V di SD Inpres Borisallo.
Copyrights © 2025