Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZEPAS (MONOPOLI PUZZLE IPAS) MATERI TUMBUHAN KELAS IV SDN 1 PERAMPUAN

Khairani, Adilatul (Unknown)
Istiningsih, Siti (Unknown)
Nikmah Rahmatih, Aisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik di kelas IV menunjukkan bahwa adanya tantangan dalam memahami materi. Hal ini disebabkan karena oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk menambah semangat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, mengetahui kevalidan dan mengetahui kepraktisan dari media MOZEPAS (monopoli puzzle IPAS) yang dapat menarik semangat dan motivasi peserta didik. Media ini berfokus pada materi tumbuhan. Dari segi bidak, dibuat praktis yang dapat dilipat dua seperti bidak monopoli dan dilengkapi dengan buku panduan, pion, dadu, kartu pertanyan, kartu hak milik, kartu kesempatan dan kartu hukuman. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan media MOZEPAS (monopoli puzzle ipas) materi tumbuhan dari ahli media sebesar 92,5% (sangat valid), hasil dari ahli materi sebesar 93,75% (sangat valid), hasil dari respon guru sebesar 97,5 % (sangat praktis) dan hasil respon peserta didik sebesar 92,25% (sangat praktis). Hal tersebut menunjukkan bahwa media MOZEPAS (monopoli puzzle IPAS) sangat layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...