Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kerjasama Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bangkalan

Maisaroh, Kurnia (Unknown)
Kusuma, Rendra Sakbana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kerjasama siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode one grup pretest posttest desain. Tekhnik pengumpulan data menggunkan angket. Jumlah subjek dalam instrumen berjumlah 19 siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 1 Bangkalan sedangkan untuk jumlah subjek dalam penelitian berjumlah 20 siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Untuk kevalidan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas, sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, dan uji paired sampel t-test. Berdasarkan uji paired sampel t-test kerjasama siswa dari hasil perbandingan hasil pretest 18.76 dan hasil posttest 25.10. uji paired sampel t-test diperoleh dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada kerjasama siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. perbandingan tersebut kerjasama siswa dapat berpengaruh bagi siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Bangkalan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...