Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengeksplorasi lebih lanjut mengenai tantangan dan peluang yang diterjadi pada pembelajaran maharah istima’ melalui aplikasi youtube. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif yang diperoleh melalui metode deskriptif. Teknik pengumpulan data (library research) serta menggunakan penelitian literatur dari berbagai sumber, termasuk berita dan jurnal ilmiah. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dirancang untuk membantu pembaca memahami topik dengan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa tantangan bagi kalangan pembelajaran maharah istima’ pada aplikasi youtube yaitu pertama,adanya gangguan visual dan iklan pada aplikasi youtube kedua, aksen bahasa dan kecepatan penutur di youtube sulit dipahami ketiga, aplikasi youtube meminimalisirkan interaksi dua arah. Adapun beberapa peluang yaitu pertama, pembelajaran di youtube lebih fleksibel yang dapat diakses kapanpun kedua,adanya konten gratis yang dapat diakses tanpa biaya apapun ketiga, ketersedian materi untuk pemula dan yang mahir.
Copyrights © 2024