Jurnal Teologi Islam
Vol. 1 No. 1 (2025): MEI 2025

Membangun Karakter Mulia Melalui Materi Al-Qur'an dan Hadis pada MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2

Zakya Malika Belgis (Universitas Nurul Jadid)
Nizik Amalia Mifzai (Universitas Nurul Jadid)
Lailatur Rahmah (Universitas Nurul Jadid)
M. Mahbubi (Universitas Nurul Jadid)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2025

Abstract

Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam pembentukan kepribadian siswa, terutama pada jenjang pendidikan menengah pertama. Artikel ini membahas bagaimana materi Al-Qur’an dan Hadist yang diajarkan pada MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 dapat berperan dalam membangun karakter mulia siswa. Dalam kurikulum pendidikan Islam, kedua materi ini bukan hanya berfungsi sebagai ajaran agama, tetapi juga sebagai landasan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Pada semester 1, materi Al-Qur’an seperti Surah Al-Fatihah, Surah Al-Baqarah, serta hadis-hadis yang berkaitan dengan ibadah, mengajarkan pentingnya penghambaan kepada Allah dan nilai-nilai kepatuhan. Sementara itu, pada semester 2, materi Al-Qur’an dan hadis mengarah pada penguatan akhlak dan budi pekerti, dengan penekanan pada ajaran tentang kejujuran, kesederhanaan, serta kepedulian terhadap sesama. Melalui pemahaman mendalam terhadap ajaran-ajaran ini, diharapkan siswa MTs Kelas 7 dapat menginternalisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka, sehingga terwujud generasi muda yang memiliki karakter mulia dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, pengajaran Al-Qur'an dan Hadis tidak hanya berfokus pada hafalan, tetapi juga pada pembentukan moral yang berkelanjutan.    

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jti

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Discusses on Islamic theology, Islamic education, Islamic studies and information about the results of scientific studies for academics and practitioners in the field of Islamic education both theory and practice, researches of Islamic Education include: the development of instruments in evaluation ...