Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (JEPKM)
Vol. 4 No. 1 (2025): Juni 2025

EFEKTIVITAS STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Jafar, Eka Sufartianinsih (Unknown)
Gawarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa SD Pertiwi dalam berbicara di depan kelas melalui kegiatan storytelling. Permasalahan awal yang dihadapi adalah rendahnya rasa percaya diri siswa, seperti takut salah, gugup, malu, dan khawatir ditertawakan. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan kegiatan storytelling yang dibagi menjadi tiga tahap: bercerita empat mata dengan fasilitator, bercerita di kelompok kecil, dan presentasi di depan kelas. Sebanyak 30 siswa mengikuti kegiatan ini. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, kemudian dianalisis dengan uji paired samples t-test. Hasil menunjukkan nilai signifikansi < 0.001 (Sig. 2-tailed < 0.05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test. Ini membuktikan bahwa storytelling efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, serta dapat menjadi strategi praktis guru untuk menumbuhkan aspek afektif siswa, khususnya keberanian dan ekspresi diri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jepkm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (JEPKM) merupakan jurnal ilmiah yang memuat kegiatan pendidikan/pendidikan, pelatihan, pengabdian atau pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menyebarluaskan pemikiran dan gagasan konseptual yang telah dicapai dalam bidang pengabdian dan pengabdian ...