Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas
Vol 11, No 1 (2025): AL-IKHLAS JURNAL PENGABDIAN

PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN: UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU SDK BEOKINA

Hieronimus Canggung Darong (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Erna Mena Niman (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Media pengajaran yang efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, namun guru di SDK Beokina menghadapi tantangan dalam memilih dan menggunakan media yang selaras dengan indikator pembelajaran, karena banyak yang masih mengandalkan materi yang sudah ketinggalan zaman atau tidak sesuai, sehingga membatasi efektivitas pelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, program pelatihan terstruktur dilakukan dengan menggabungkan observasi, wawancara guru, presentasi, demonstrasi praktik terbaik, dan sesi evaluasi, dengan tujuan meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan dan mengintegrasikan media secara efektif agar setiap sumber daya yang digunakan di kelas berkontribusi langsung pada hasil belajar siswa. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru dalam memilih dan menerapkan media pengajaran, yang berdampak pada pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa, serta meningkatkan kepercayaan diri guru dalam menggunakan berbagai format media, mulai dari alat digital hingga sumber daya interaktif. Namun, masih terdapat tantangan seperti akses terbatas terhadap infrastruktur teknologi dan kebutuhan akan pengembangan profesional yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AIJP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Health Professions Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal UNISKA bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari setiap 2 tahun sekali, ...