Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa di mata pelajaran IPAS yang ditimbulkan oleh metode pembelajaran yang kurang efektif serta kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mempertinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran masalah Based Learning (PBL) di kelas 6 SDS IT LUQMAN. Penelitian ini memakai jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada 2 siklus, menggunakan masing-masing daur terdiri dari tahap perencanaan, aplikasi, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ialah 15 siswa kelas 6 SDS IT LUQMAN. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. hasil penelitian memberikan bahwa penerapan model PBL bisa menaikkan hasil belajar peserta didik di mata pelajaran IPAS. di siklus I, rata-homogen nilai peserta didik semakin tinggi dari 57 sebagai 69,33 menggunakan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 60%. di daur II, rata-rata nilai siswa semakin tinggi menjadi 86 menggunakan persentase ketuntasan klasikal mencapai 93,33%. Selain itu, penerapan PBL pula mempertinggi aktivitas serta motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, contoh pembelajaran problem Based Learning efektif dalam menaikkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS pada kelas 6 SDS IT LUQMAN
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025