Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 5 No 1 (2025): Volume 5, Nomor 1, Maret 2025

Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

Pratama, Mokhammad Ade (Unknown)
Sofa, Khoirus (Unknown)
Naila, Naila (Unknown)
Rohmah, Nazilatur (Unknown)
Pratama, Fernadiksa Rasta Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Abstrak: Gaya belajar mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Kemampuan siswa untuk memahami mata pelajaran tentunya berbeda dan gaya belajar setiap siswa juga tentunya berbeda-beda. Siswa mampu menyerap pelajaran atau membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah dengan gaya belajar yang dimilikinya. Oleh karena itu, perlu adanya pembinaan dan bimbingan kepada siswa untuk menentukan metode pembelajaran yang sesuai sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gaya belajar siswa (2) mendeskripsikan bagaimana mencari tahu gaya belajar siswa (3) mendeskripsikan strategi yang dilakukan untuk mempermudah proses pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif metode yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gaya belajar siswa mempunyai tiga tipe gaya belajar pada umumnya yaitu visual, auditori dan kinestetik. Kedua, cara mengetahui gaya belajar siswa melalui observasi atau melakukan survei atau tes gaya belajar. Ketiga, strategis yang dilakukan untuk mempermudah proses pembelajaran sesuai gaya belajarnya sendiri bisa dengan menggunkan materi visual seperti gambar, mendorong siswa untuk membaca materi dengan suara yang keras, dan mengajak anak belajar sambil menjelajah lingkungan. Abstract: Learning styles affect the level of student success in learning. The ability of students to understand subjects is of course different and the learning styles of each student are also of course different. Students are able to absorb lessons or make the learning process easier with their learningstyles. Therefore, it is necessary to provide guidance and guidance to students to determine appropriate learning methods so that the learning process can run effectively. This study aims to: (1) describe students' learning styles (2) describe how to find out students' learning styles (3) describe the strategies used to facilitate the learning process according to students' learning styles. This research uses descriptive qualitative research. The method used in this research is observation, interview and documentation. The results of this study indicate that: First, students' learning styles have three types of learning styles in general, namely visual, auditory and kinesthetic. Second, how to find out students' learning styles through observation or conducting surveys or learning style tests. Third, strategies that are carried out to facilitate the learning process according to their own learning styles can use visual materials such as pictures, encourage students to read material aloud, and invite children to learn while exploring the environment.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtpdm

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JTPDM (Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah): distributes articles related to meta-analysis (including systematic reviews) and research and suggestions for the teaching and learning process in Elementery school, junior high school, and senior high school. In addition, JTPDM (Jurnal Terapan ...