Peningkatan jumlah pengguna internet aktif untuk kegiatan perdagangan telah memicu munculnya berbagai bisnis baru, yang kini banyak dikenal dengan sebutan bisnis rintisan. Banyak usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya di sektor daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur, data, dan fakta terkait fenomena yang berkembang dalam bisnis rintisan. Dalam perkembangan bisnis startup, pemasaran digital menjadi salah satu kegiatan krusial yang perlu dilakukan oleh para pelaku usaha untuk memperluas jangkauan pasar dan menghindari persaingan yang ketat. Salah satu strategi yang dilakukan adalah penyampaian informasi dan distribusi produk melalui berbagai media digital untuk menjalankan bisnis. Namun, memanfaatkan peluang di media digital masih merupakan tantangan bagi banyak anak muda, terutama karena mereka belum memiliki niat yang kuat untuk menjadi seorang pengusaha.Pada tahap awal pembentukan wirausahawan, dukungan dari lingkungan sekitar sangat penting. Munculnya berbagai startup digital dengan fitur yang serupa menunjukkan perlunya keterampilan, inovasi, dan kreativitas yang dimiliki oleh generasi muda. Hal ini menjadi peluang bagi mereka untuk menciptakan keunggulan dan membangun daya saing yang lebih kuat di pasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025