Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan yang dirasakan oleh para guru dan orang tua dalam menghadapi perkembangan zaman serta kemajuan teknologi, yang secara tidak langsung mempengaruhi munculnya perilaku negatif pada Sebagian siswa. Salah satu dampak yang paling terlihat adalah menurunnya tanggung jawab siswa dalam bidang akademik, khususnya dalam aspek keagamaan. Banyak siswa mengalami penurunan kemampuan dalam menulis Arab, kurang mengenal huruf hijaiyah secara baik, bahkan belum memahami kaidah penulisan Arab yang benar. Berdasarkan kondisi tersebut, MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong membentuk Program Qur’an Bil Qalam sebagai solusi untuk menumbuhkan budaya literasi Al-Qur’an melalui keterampilan menulis huruf Arab dan menyalin Al-Qur’an 30 juz dengan tulisan tangan secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Program Qur’an Bil Qalam serta menganalisis bagaimana program tersebut mampu meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa. Lokasi penelitian ini di MTs PPKP Ribathul Khail. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program Qur’an Bil Qalam dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Arab Siswa di MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Ketiga tahap ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis huruf Arab dengan benar, sistematis dan sesuai kaidah.
Copyrights © 2025