Modernisasi pendidikan Islam menjadi suatu keharusan di tengah arus globalisasi dan perkembangan zaman. K.H. Ahmad Dahlan, sebagai pendiri Muhammadiyah, memainkan peran penting dalam memperkenalkan konsep pendidikan Islam yang mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam pembaharuan sistem pendidikan Islam di Indonesia serta mengidentifikasi tantangan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara mendalam, dan observasi terhadap lembaga pendidikan Islam. Analisis tematik diterapkan untuk menggali makna dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan Muhammadiyah relatif berhasil menerapkan model pendidikan integratif, namun banyak institusi lainnya masih memisahkan antara ilmu agama dan umum. Temuan ini memperkaya wacana pendidikan progresif dan konstruktivisme, serta menekankan pentingnya pengembangan kurikulum yang holistik. Studi ini merekomendasikan reformasi pendidikan Islam agar lebih adaptif terhadap kebutuhan zaman serta menyarankan penggunaan metode triangulasi dalam penelitian selanjutnya guna memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap penerapan pendidikan Islam modern.
Copyrights © 2025