Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 5 No. 3 (2025): June

Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Teks Siswa

Awalia, Nur Avivatul (Unknown)
Alami, Ersa (Unknown)
Nazilah, Fajrun (Unknown)
Amaliah, Nurul (Unknown)
Ruwanda, Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media film dalam meningkatkan kemampuan analisis teks siswa di SMK Al-Hikam, Burneh, Bangkalan. Subjek penelitian terdiri atas tiga kelas XII, yaitu XII TKR 2, XII TKJ 3, dan XII TKJ 4 dengan fokus pada materi teks cerita sejarah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket terbuka, observasi pembelajaran, dan wawancara siswa. Hasil menunjukkan bahwa siswa merespons positif penggunaan media film karena membantu mereka memahami alur, pesan moral, dan karakter dalam cerita. Observasi mencatat bahwa siswa aktif dalam diskusi dan termotivasi menyelesaikan tugas setelah menonton film. Wawancara mendalam juga mengungkap bahwa visualisasi cerita dalam film memudahkan siswa mengaitkan isi teks dengan pengalaman nyata. Temuan ini menunjukkan bahwa media film efektif sebagai alat bantu pembelajaran, karena mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...