Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media film dalam meningkatkan kemampuan analisis teks siswa di SMK Al-Hikam, Burneh, Bangkalan. Subjek penelitian terdiri atas tiga kelas XII, yaitu XII TKR 2, XII TKJ 3, dan XII TKJ 4 dengan fokus pada materi teks cerita sejarah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket terbuka, observasi pembelajaran, dan wawancara siswa. Hasil menunjukkan bahwa siswa merespons positif penggunaan media film karena membantu mereka memahami alur, pesan moral, dan karakter dalam cerita. Observasi mencatat bahwa siswa aktif dalam diskusi dan termotivasi menyelesaikan tugas setelah menonton film. Wawancara mendalam juga mengungkap bahwa visualisasi cerita dalam film memudahkan siswa mengaitkan isi teks dengan pengalaman nyata. Temuan ini menunjukkan bahwa media film efektif sebagai alat bantu pembelajaran, karena mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025