Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 5 No. 3 (2025): June

Analisis Kesulitan Guru PAI dalam Mendesain Pembelajaran (Studi Kasus: SMK se-Kabupaten Magelang)

Cahyaningsih, Tri (Unknown)
Shofi Fathia, Alya (Unknown)
Chasanah, Nurul (Unknown)
Hariyadi, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK se-Kabupaten Magelang dalam merancang desain pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan 2) mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru PAI di SMK se-Kabupaten Magelang menghadapi berbagai kesulitan dalam mendesain pembelajaran, meliputi: pemilihan metode pembelajaran yang tepat, penyusunan instrumen penilaian yang valid, pengembangan indikator pencapaian kompetensi, serta perumusan tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur. Adapun faktor penyebabnya adalah keterbatasan sumber daya, minimnya pelatihan, serta beban administrasi. 2) Strategi yang digunakan meliputi kolaborasi MGMP, komunitas belajar dan pemanfaatan sumber belajar digital. Penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan yang lebih intensif dan dukungan sistematis dari berbagai pihak guna meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...