Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 6 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Analisis Penggunaan Arkas Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Di Smp Negeri Kota Tangerang Selatan

Tanti Suteja (Universitas Esa Unggul, Indonesia)
Safuan Safuan (Universitas Esa Unggul, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dalam pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) di SMP Negeri Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, serta bendahara sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ARKAS memberikan dampak positif terhadap efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi dalam perencanaan, penatausahaan, serta pelaporan dana BOSP. Namun demikian, kendala seperti keterbatasan jaringan internet dan kebutuhan pelatihan operator masih menjadi hambatan dalam optimalisasi aplikasi. Secara keseluruhan, ARKAS merupakan solusi digital yang efektif dalam pengelolaan keuangan sekolah, meskipun membutuhkan dukungan infrastruktur dan penguatan kapasitas sumber daya manusia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...