Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an dan motivasi belajar pada murid SD Islam Al Azhar 16 Cilacap melalui penerapan metode "Bermain Kereta Tahfidz". Metode ini menggabungkan konsep permainan dengan tahfidz untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Islam Al Azhar 16 Cilacap, dengan jumlah siswa sebanyak 25 murid. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan hafalan siswa setelah penerapan metode "Bermain Kereta Tahfidz". Pada siklus pertama, rata-rata capaian murid berada pada kategori cukup dengan tingkat keberhasilan 79,32%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 95.2% dengan kategori baik. Selain itu, metode ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa, yang terlihat dari antusiasme dan partisipasi aktif mereka dalam kegiatan menghafal. Pada saat sebelum tindakan kelas dilakukan peran aktif murid hanya 74,7% dan motivasi murid sebesar 70,7%. Sedangkan setelah diadakan tindakan kelas meningkat menjadi 92% siswa berperan aktif dan 94,7% termotivasi belajar tahfidz Alquran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode "Bermain Kereta Tahfidz" efektif dalam meningkatkan kemampuan tahfidz Al-Qur'an serta dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025