Perkembangan teknologi informasi sangat penting dalam menunjang kinerja instansi pemerintah dan pelayanan publik di Indonesia. Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah tujuan reformasi birokrasi untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dan efektivitas pemerintahan. Kecamatan Ciledug memerlukan peningkatan kualitas pelayanan publik, terutama dalam penyimpanan data berkas masyarakat. Saat ini, sistem yang ada hanya mencakup layanan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Karena bagian lain belum memiliki sistem, banyak berkas masyarakat tercampur dan hilang. Dibutuhkan sistem baru untuk penyimpanan data, yang memerlukan perancangan arsitektur enterprise. Dikarnakan Arsitektur Enterprise membantu perkembangan perusahaan dengan memahami kondisi perusahaan secara menyeluruh dan mengelola sumber daya teknologi, aliran informasi, proses bisnis, dan strategi. Arsitektur enterprise menggunakan framework TOGAF dirasa paling cocok karena memastikan standar, komunikasi, dan metode yang konsisten. Penelitian ini menghasilkan cetak biru Arsitektur Enterprise untuk membantu Kecamatan Ciledug meningkatkan pelayanan publik, pengolahan data, pengarsipan dokumen, dan sistem informasi. Pemerintah Kecamatan Ciledug perlu meningkatkan teknologi informasinya agar dapat mengolah dan mengarsipkan dokumen dengan lebih baik melalui strategi sistem informasi yang memudahkan proses bisnis.
Copyrights © 2025