Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi
Vol 76 No 2 (2024): Wahana Tridarma Perguruan Tinggi

Transformasi Digital dan Strategi Bisnis: Mencapai Keunggulan Bersaing di Era Digital

Regina Rosari (Universitas Katolik Parahyangan, Bandung)
Cicely Alvina (Universitas Katolik Parahyangan, Bandung)
Gandhi Pawitan (Universitas Katolik Parahyangan, Bandung)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Dalam era digital yang ditandai oleh perkembangan teknologi digital, termasuk internet, komputasi awan, kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), dan perangkat bergerak, digitalisasi telah menciptakan perubahan mendasar dalam dunia bisnis. Digitalisasi bukan hanya memungkinkan perusahaan untuk beroperasi secara online dan mencapai pasar global, tetapi juga memengaruhi berbagai aspek bisnis, termasuk pengalaman pelanggan, efisiensi operasional, pemasaran, inovasi produk dan layanan, serta kemampuan beroperasi secara global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak digitalisasi terhadap perubahan strategi bisnis perusahaan di era digital, serta mengidentifikasi cara integrasi digitalisasi ke dalam strategi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor pertumbuhan eksponensial digitalisasi dan tema utama yang terkait dengan digitalisasi memainkan peran penting dalam perubahan ini. Untuk mencapai keunggulan bersaing di era digital, perusahaan seperti Bank BCA menggunakan strategi generik seperti biaya rendah atau diferensiasi. Hubungan antara digitalisasi, strategi perusahaan, dan keunggulan bersaing sangat erat, dengan digitalisasi yang bertindak sebagai pendorong strategi perusahaan dan sumber competitive advantage.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

whn

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal Wahana Tridharma Perguruan Tinggi Received research papers and literature review studies on Multidisciplinary sciences consisting of applied science, social sciences and humanities, education, psychology, law, engineering, health and pharmacy, technology, management, economy, accounting and ...