Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Darul Khaeriyah pada mata pelajaran IPA, khususnya dalam mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 55 pada siklus pertama menjadi 80 pada siklus kedua, serta 90% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus kedua. Selain itu, partisipasi dan keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok juga meningkat secara signifikan. Penerapan model GI terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, serta keterampilan sosial dan kerja sama mereka. Implikasi praktis dari temuan ini menunjukkan bahwa model GI dapat menjadi alternatif pembelajaran yang bermanfaat, khususnya dalam pendidikan dasar.
Copyrights © 2025