cover
Contact Name
Eka Poppi Hutami
Contact Email
jurnalycn@gmail.com
Phone
+6285194842985
Journal Mail Official
jurnalycn@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pemuda II, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91922
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 30896851     DOI : https://doi.org/10.71049/84qrhy71
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Pembelajaran berfokus pada penerbitan hasil penelitian, kajian, dan inovasi dalam bidang pendidikan dalam pembelajaran. Inovasi pendidikan dalam Pembelajaran berupa perencanaan pembelajaran, pendekatan/strategi/metode pembelajaran, materi pembelajaran, media dan teknologi pembelajaran. Jurnal ini menyediakan platform bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk berbagi temuan penelitian, teori, serta praktik terbaik dalam bidang pendidikan dalam pembelajaran.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Puzzle Modifikasi: Solusi Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Reni Nurapriani
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/dgcfy076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penyelesaian teka-teki sebagai alat edukatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak-anak usia dini. Studi ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus yang melibatkan 15 siswa di RA Manbaul Darussalam, masing-masing dalam kelompok A. Dengan fitur visual yang menarik, tema edukatif, dan tingkat kesulitan yang meningkat secara bertahap, puzzle dimodifikasi untuk mendorong keterlibatan dan pengembangan kognitif anak. Hasil observasi dari siklus pertama menunjukkan bahwa 60% anak berada dalam kategori mulai berkembang, sementara 40% berada dalam kategori belum berkembang. Pada siklus kedua, dengan puzzle yang disesuaikan dan prosedur yang lebih intensif, 80% anak berada dalam kategori berkembang sesuai harapan, sementara 20% berada dalam kategori mulai berkembang. Tidak ada anak yang belum berkembang. Penelitian ini menunjukkan bahwa mendorong anak-anak untuk melakukan observasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara teratur dapat membantu pemikiran logis mereka. Hasil ini akan sangat membantu dalam pengajaran anak usia dini, terutama dalam proses pembuatan alat pembelajaran manipulatif baru yang mendukung pembelajaran berbasis eksplorasi. Studi ini akan berdampak pada dunia nyata. Ini mencakup rekomendasi bagi guru untuk memasukkan puzzle yang dimodifikasi ke dalam pembelajaran sehari-hari dan peluang untuk mengembangkan alat pembelajaran tambahan yang mendukung perkembangan anak secara keseluruhan, seperti yang berbasis teknologi.
Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Media Big Book di Taman Kanak-Kanak Maghvira Zhafira
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/61821a98

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan keterampilan membaca anak melalui media buku besar pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Al Ikhsan, Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendeskripsikan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Al Ikhsan, Kota Palopo. Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Al Ikhsan, Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa dari kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Al Ikhsan, Kota Palopo. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan membaca anak melalui media buku besar meningkat setelah dilakukan tindakan melalui kegiatan yang menggunakan media buku besar. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan yang diperoleh pada siklus I sebesar 53% dan pada siklus II sebesar 80%. Jadi, penggunaan media buku besar dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.  
Inovasi Pembelajaran IPA Melalui Model Group Investigation Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Hisbullah
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/ky8vjq44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Darul Khaeriyah pada mata pelajaran IPA, khususnya dalam mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 55 pada siklus pertama menjadi 80 pada siklus kedua, serta 90% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus kedua. Selain itu, partisipasi dan keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok juga meningkat secara signifikan. Penerapan model GI terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, serta keterampilan sosial dan kerja sama mereka. Implikasi praktis dari temuan ini menunjukkan bahwa model GI dapat menjadi alternatif pembelajaran yang bermanfaat, khususnya dalam pendidikan dasar.  
Pendidikan Inklusif dan Bimbingan Konseling Sinergi Untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Naswa Natania; Nabilah Putri Aldiani; Ananta Rahmawati; Saparuddin; Ahmad Yusuf
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/0arwye61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran integrasi pendidikan inklusif dan bimbingan konseling dalam mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan optimal peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai jurnal ilmiah terkait. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu pengorganisasian data (organize), penyusunan dan penggabungan informasi (synthesize), serta pengidentifikasian temuan utama (identify). Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan inklusif memerlukan dukungan guru yang kompeten, fasilitas yang memadai, serta metode pembelajaran yang adaptif.
Dampak Pendidikan Inklusif Terhadap Pengembangan Sosial Siswa Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Hastuti; Eka Oktavia Ningsih; Firda Sahrani; Isnaneni; Ahmad Yusuf
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/4kssjq36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan inklusif terhadap perkembangan sosial siswa dari perspektif bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka, yang menggunakan literatur dari jurnal ilmiah dan artikel. Proses pengumpulan data dilakukan melalui Google Scholar. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi tema utama yang muncul dari literatur yang telah dibaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif memberikan manfaat positif bagi siswa dengan kebutuhan khusus terkait keterlibatan sosial, peningkatan motivasi, perkembangan akademik, dan penguatan rasa percaya diri. Interaksi sosial yang positif dengan teman sebaya dan dukungan dari guru inklusif berkontribusi terhadap adaptasi sosial siswa, mengurangi stigma, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif.
Peran Teknologi dalam Bimbingan Konseling untuk Mendukung Pendidikan Inklusi Citra, Ratna; Hajar, Sitti; Khatima, Ashlifatul; Gustiani; Yusuf, Ahmad
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/jdtpb442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi dalam mendukung bimbingan konseling bagi siswa berkebutuhan khusus dalam konteks pendidikan inklusif. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literatur review, penelitian ini menganalisis berbagai study yang telah dilakukan sebelumnya terkait topik ini. Data diperoleh melalui penelusuran pada Google Scholar dengan menggunakan kata kunci seperti Bimbingan Konseling, inklusi, Pendidikan, Siswa Berkebutuhan Khusus, dan Teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi pendukung memegang potensi signifikan dalam memfasilitasi pembelajaran inklusif, namun efektivitasnya sangat bergantung pada pelatihan guru, infrastruktur yang memadai, dan dukungan kebijakan. Penelitian ini menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut dan pengembangan intervensi berbasis teknologi untuk mendukung Pendidikan inklusif.  
Implementasi Program Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Inklusif Megawati; Riska; Rahmi; Sarina; Ahmad Yusuf
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/p1z24305

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi program bimbingan dan konseling (BK) dalam pendidikan inklusif sebagai upaya penting untuk mendukung keberhasilan peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah reguler. Kesenjangan penelitian terlihat dari minimnya kajian komprehensif yang mengintegrasikan layanan BK secara sistematis dalam konteks pendidikan inklusif di Indonesia. Tujuan penelitian adalah menggambarkan peran, jenis layanan, serta kendala yang dihadapi guru BK dalam melaksanakan program tersebut. Metode yang digunakan berupa studi kualitatif dengan pendekatan literatur review, menganalisis 12 sumber artikel ilmiah terkini dan relevan. Temuan utama menunjukkan bahwa layanan BK, terutama bimbingan kelompok dan konseling individual, efektif dalam meningkatkan adaptasi sosial dan emosional peserta didik, sekaligus mengurangi perilaku bullying. Kendala signifikan ditemukan pada keterbatasan kompetensi guru BK dan kurangnya pedoman teknis yang mendukung praktik inklusif. Implikasi penelitian ini menekankan perlunya pengembangan kapasitas profesional guru BK, penyusunan kurikulum yang adaptif, serta kebijakan yang mendukung integrasi BK dalam pendidikan inklusif untuk mewujudkan sistem pendidikan yang adil dan inklusif. Studi ini memberikan dasar konseptual yang kuat untuk penelitian lanjutan dan praktik pendidikan inklusif di Indonesia.
Strategi Bimbingan Konseling untuk Mendukung Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif Ardana, Abelia; Maulidiah; Hikmayanti, Nurul; Ramadhani, Aisyah; Yusuf, Ahmad
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/7n8kqq77

Abstract

Pendidikan inklusif adalah upaya strategis untuk memastikan hak belajar yang setara bagi siswa ABK. Implementasi strategi bimbingan konseling yang efektif bagi ABK masih menghadapi berbagai kesenjangan, terutama dalam hal pendekatan yang individual dan kolaboratif serta keterbatasan sumber daya manusia dan fasilitas pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi bimbingan konseling yang dapat mendukung perkembangan akademik, sosial, dan emosional siswa ABK dalam konteks pendidikan inklusif di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan pendekatan deskriptif analitis yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait pendidikan inklusif, karakteristik ABK, serta model bimbingan konseling yang relevan. Temuan utama menunjukkan bahwa keberhasilan strategi bimbingan konseling sangat bergantung pada penyesuaian layanan sesuai kebutuhan individual, peran aktif guru BK sebagai fasilitator, keterlibatan orang tua, serta lingkungan sekolah yang inklusif dan suportif. Selain itu, pemanfaatan teknologi sebagai media bimbingan jarak jauh memberikan peluang inovasi dalam pelayanan. Evaluasi dan monitoring berkelanjutan juga diperlukan untuk meningkatkan efektivitas strategi tersebut. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kapasitas guru dan konselor, peningkatan fasilitas, serta dukungan kebijakan dari pemangku kepentingan guna mendukung pendidikan inklusif yang berkualitas dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan panduan praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang layanan bimbingan konseling yang responsif terhadap kebutuhan siswa ABK.
Pengembangan Smart LMS Asisten Tutor Balibola'e Untuk Meningkatkan Akses Pembelajaran  Mahasiswa Disabilitas Netra Ramli, Syamsul Alam
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/84qrhy71

Abstract

Pendidikan inklusif bagi mahasiswa penyandang disabilitas, khususnya disabilitas netra, masih menghadapi berbagai kendala akses bahan ajar dan metode pembelajaran yang belum ramah disabilitas. Kesenjangan ini menghambat kemandirian belajar dan pencapaian akademik yang setara. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Smart LMS Asisten Tutor Balibola’e untuk meningkatkan akses pembelajaran mahasiswa disabilitas netra Universitas Muhammadiyah Palopo. Metode pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi pada mata kuliah Konseling Gizi dengan melibatkan mahasiswa penyandang disabilitas netra dan non-disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan Smart LMS berhasil menyediakan fitur aksesibilitas seperti text-to-speech, pengaturan tampilan, dan asisten tutor berbasis AI yang mendukung interaksi pembelajaran inklusif. Evaluasi kuantitatif dan kualitatif mengindikasikan peningkatan akses mandiri, motivasi belajar, serta kesetaraan hasil akademik antara mahasiswa disabilitas dan non-disabilitas. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan teknologi pembelajaran adaptif untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan memperkuat kemandirian belajar mahasiswa penyandang disabilitas. Disarankan agar institusi pendidikan tinggi mengadopsi inovasi serupa untuk mendukung keberlanjutan pendidikan inklusif yang berkualitas.
Penggunaan Media Kancing Gemerincing dalam Meningkatkan Hasil Belajar  Matematika Sukriati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/0bze3y92

Abstract

Banyak siswa kelas I SD masih mengalami kesulitan signifikan dalam memahami konsep dasar matematika, khususnya penjumlahan dan pengurangan dua bilangan, yang menjadi fondasi penting bagi kemampuan matematika selanjutnya dan keberhasilan akademik mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media kancing gemerincing dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di UPT SDN 097 Katokkoan dengan subjek siswa kelas I yang berjumlah 12 orang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, di mana media kancing gemerincing digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan antara siklus pertama dan kedua, dengan rata-rata nilai siswa pada siklus pertama sebesar 61,67% dan meningkat menjadi 85% pada siklus kedua, yang memenuhi standar ketuntasan minimal 70%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media kancing gemerincing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan. Penggunaan media kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa, sehingga metode ini layak diterapkan secara luas untuk mendukung pembelajaran matematika yang lebih efektif dan menyenangkan di sekolah dasar. Disarankan untuk menggunakan media kancing gemerincing secara lebih luas dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, serta meningkatkan penerapan metode pembelajaran kooperatif untuk memperbaiki keterlibatan siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 13