Indonesia Economic Journal
Vol. 1 No. 1 (2025): JUNE 2025

Optimalisasi Tiga Kanal Digital untuk Meningkatkan Brand Awareness UMKM: Studi Kolaboratif Bumbu Wilona

Deva Mutiara Adzizah (Universitas Airlangga)
Nadia Miftakhul Ilmi (Universitas Airlangga)
Radhi Astri Akila Putri (Universitas Airlangga)
Gita Ayu Puspitarini (Universitas Airlangga)
Annisa Firdaus (Universitas Airlangga)
Ghytsaselda Ammadea Rosyadi (Universitas Airlangga)
Rania Aunillah Fasya (Universitas Airlangga)
Nimas Ayu Larasati (Universitas Airlangga)
Tri Siwi Agustina (Universitas Airlangga)
Elsa Yustika Putri (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi perekonomian di Indonesia. Besarnya peran UMKM menjadikan pendampingan sebagai langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Kelompok kami melakukan pendampingan terhadap UMKM Bumbu Wilona yang berlokasi di Kecamatan Jambangan, Surabaya, sebagai bagian dari implementasi mata kuliah Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Permasalahan utama dalam pendampingan ini terletak pada aspek pemasaran yang belum optimal, seperti konten yang tidak konsisten, kendala pelaksanaan live shopping, serta belum adanya partisipasi dalam bazar dan pameran UMKM. Metode pendampingan menggunakan pendekatan 5W1H untuk merumuskan strategi yang relevan dan praktis. Solusi yang diberikan meliputi pembuatan konten promosi, optimalisasi fitur live TikTok, perbaikan desain katalog produk, dan pemanfaatan program Shopee Affiliate. Hasilnya menunjukkan peningkatan interaksi konsumen, peningkatan penjualan saat live, serta eksposur merek di media digital. Pendampingan ini memberikan rekomendasi agar UMKM lebih konsisten dalam strategi pemasaran baik digital maupun non digital dan menjalin kolaborasi dengan pihak eksternal guna meningkatkan visibilitas pasar. Diharapkan strategi ini dapat menjadi model pengembangan UMKM lain di Indonesia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

iej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Accepts research articles, both empirical studies and literature studies that focus on the fields of Economics, Accounting and ...