Indonesia Economic Journal
Vol. 1 No. 1 (2025): JUNE 2025

Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Gen Z di Aplikasi Shopee

Rayner Alexander (Universitas Kristen Maranatha)
Cen Lu (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian Generasi Z di aplikasi Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kausalitas. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring menggunakan teknik purposive sampling, dengan 100 responden yang merupakan pengguna Gen Z berusia 13–28 tahun. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana, setelah melalui uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (p < 0,001), dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,775 dan R² sebesar 0,257. Artinya, diskon berkontribusi terhadap 25,7% variasi keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya diskon dalam membentuk perilaku konsumen digital, khususnya pada Gen Z yang responsif terhadap promosi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

iej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Accepts research articles, both empirical studies and literature studies that focus on the fields of Economics, Accounting and ...