MANIFESTASI : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 2, No 1 (2022)

ANALISIS DISFEMISME KEBAHASAAN DALAM DIALOG PENDIDIKAN DI GROUP FACEBOOK KEMENDIKBUD REPUBLIK

Rahman, Muh Irfan (Unknown)
Saleh, Muhammad (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Analisis Disfemisme Kebahasaan dalam Dialog Pendidikan di Group Facebook Kemendikbud Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud fenomena disfemisme kebahasaan dan mendeskripsikan fungsi fenomena disfemisme kebahasaan dalam dialog pendidikan di grup Facebook Kemendikbud Republik Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena sosial masa kini atau masa lampau. Dari hasil temuan diketahui bahwa dialog pendidikan di grup Facebook Kemendikbud RI terdapat penggunaan bentuk dan fungsi disfemisme. Adapun wujud yang ditemukan yaitu istilah teknis, sirkumlokusi, sinekdoke totem pro parte, dan ekspresi figuratif. Sedangkan fungsi disfemisme kebahasaan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, ketidaksetujuan, penolakan, mengkritik, memberi pernyataan, menyakiti, ketidakpedulian, dan menggugat. Akan tetapi, penggunaan bentuk disfemisme tersebut masih dalam batas wajar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dialog pendidikan dalam grup facebook kemendikbud RI  masih memperhatikan nilai-nilai sopan santun berbahasa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manifestasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Manifestasi: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran is an electronic and print journal published in scientific articles on studies in the field of education and learning at various levels and fields. The article which is in Manifestasi: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran is the result of research or ...