Fokus Penelitian ini disesuaikan dengan Masalah yaitu Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan media Big Book pada siswa kelas II C di SD Inpres Tenau. Media Big Book digunakan oleh peneliti untuk memunculkan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II-C SD Inpres Tenau Kota Kupang yang berjumlah sebanyak 22 peserta didik terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didikĀ perempuan. pengumpulan data dilakukan dengan Teknik tes membaca, observasi, dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian tes siklus I terdapat 15 Peserta didik yang tuntas (68,1%) sedangkan 7 peserta didik lainnya (31,9%) belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 19 peserta didik (86,3%) yang tuntas sedangkan 3 peserta didik lainnya (13,7%) belum tuntas. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor aspek lafal, intonasi, kelancaran, dan kejelasan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media Big Book.
Copyrights © 2024