SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 3 No. 6 (2024): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, Juni 2024

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD INPRES TENAU KOTA KUPANG

Ningsih, Astri Purwati (Unknown)
Djokaho, Margaret P. E. (Unknown)
Bulu, Vera Rosalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Fokus Penelitian ini disesuaikan dengan Masalah yaitu Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan media Big Book pada siswa kelas II C di SD Inpres Tenau. Media Big Book digunakan oleh peneliti untuk memunculkan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II-C SD Inpres Tenau Kota Kupang yang berjumlah sebanyak 22 peserta didik terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didikĀ  perempuan. pengumpulan data dilakukan dengan Teknik tes membaca, observasi, dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian tes siklus I terdapat 15 Peserta didik yang tuntas (68,1%) sedangkan 7 peserta didik lainnya (31,9%) belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 19 peserta didik (86,3%) yang tuntas sedangkan 3 peserta didik lainnya (13,7%) belum tuntas. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor aspek lafal, intonasi, kelancaran, dan kejelasan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media Big Book.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sentri

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Engineering Agriculture Economics Health IT ...