Patria Educational Journal
Vol 4 No 3 (2024): Volume 4 Nomor 3 September 2024

Enhancing speaking skills through interactionism: A classroom-based study

Ilma, Titik (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan interaksi di kelas berbicara pada mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menganalisis jenis-jenis interaksi yang terjadi, peran masing-masing jenis interaksi, serta interaksi mana yang paling dominan. Tiga jenis interaksi yang ditemukan adalah interaksi guru-siswa, interaksi siswa-guru, dan interaksi siswa-siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi guru-siswa merupakan jenis interaksi yang paling dominan. Guru memainkan peran penting dalam memfasilitasi diskusi, memberikan penjelasan, mengoreksi kesalahan, serta memberikan dorongan agar siswa lebih percaya diri dalam berbicara. Interaksi siswa-guru juga berperan penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, di mana siswa memberi respons, mengajukan pertanyaan, dan menunjukkan kebingungannya. Selain itu, meskipun lebih jarang terjadi, interaksi siswa-siswa juga turut berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka melalui diskusi kelompok. Temuan ini menunjukkan bahwa interaksi yang efektif antara guru dan siswa serta antar siswa itu sendiri dapat mempengaruhi keberhasilan dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...