Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menginterpretasi strategi guru BK dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik di SMK Negeri 2 Tondano dan juga faktor-faktor yang mendukung serta menghambat pelaksanaan dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik di SMK Negeri 2 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK telah menciptakan strategi dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik yaitu dengan melibatkan pihak lain baik itu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru-guru mata pelajaran dan juga wali kelas, selain itu di awal penerimaan peserta didik baru dilaksanakan tes diagnostik guna untuk mendapatkan informasi dan menggali potensi diri peserta didik, di mana tes ini adalah jenis tes yang dirancang untuk memudahkan guru dalam mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh peserta didik dan juga pemberian perhatian khusus melalui konseling individual dan terdapat beberapa faktor yang mendukung yaitu diri peserta didik itu sendiri, support dan arahan serta fasilitas sekolah yang mendukung dan diri peserta didik itu juga, finansial dan tidak adanya dukungan orang tua. Kata Kunci : Strategi, Bimbingan Konseling, Efikasi Diri, Peserta Didik
Copyrights © 2023