Jurnal Sains Riset
Vol 13, No 3 (2023): November 2023

PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Nelwan, Marnita Given (Unknown)
Mangobi, James U.L. (Unknown)
Kumesan, Selfie L. (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti gain rata-rata hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Discovery Learning (DL) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari masing-masing 25 siswa di SMPN 8 Bitung tahun ajaran 2023/2024 yang dipilih secara acak dari 2 kelas. Data yang diperoleh merupakan gain (posttest-pretest ) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata selisih hasil belajar kelas eksperimen  dan kelas kontrol . Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh  Karena   maka disimpulkan bahwa H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada materi SPLDV yang diajar menggunakan model PBL dengan yang diajar menggunakan model DL.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...