Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada materi peluang yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dan rata-rata hasil belajar siswa pada materi peluang yang diajar dengan menggunakan model Direct Instruction. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Maesaan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini di ambil 2 kelas yaitu kelas  A sebagai kelas eksperimen dan kelas  B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal pada kedua kelas setelah diberi perlakuan. Rata- rata hasil Posttesst  kelas eksperimen adalah 86.68 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 78.12. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menyimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan Direct Instruction.Kata kunci: Peluang, Model Problem Based Learning, Model Direct Instruction.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023