Jurnal Sains Riset
Vol 13, No 3 (2023): November 2023

HASIL BELAJAR MATERI PELUANG SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Laoh, Ireine Kesya (Unknown)
Tuerah, Philotheus E.A. (Unknown)
Mangobi, James U.L. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada materi peluang yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dan rata-rata hasil belajar siswa pada materi peluang yang diajar dengan menggunakan model Direct Instruction. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Maesaan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini di ambil 2 kelas yaitu kelas  A sebagai kelas eksperimen dan kelas  B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal pada kedua kelas setelah diberi perlakuan. Rata- rata hasil Posttesst  kelas eksperimen adalah 86.68 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 78.12. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menyimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan Direct Instruction.Kata kunci: Peluang, Model Problem Based Learning, Model Direct Instruction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...