Media sosial merupakan situs web digunakan untuk bertukar teks, foto, video, audio serta jenis informasi lainnya. Salah satu platform media sosial yang sering digunakan adalah Instagram. Bandar Udara Banyuwangi memiliki Instagram dengan nama akun @banyuwangiairport. Dengan populasi pengguna Instagram yang mencapai 85,3% dari total populasi di Indonesia, pemanfaatan platform ini oleh Bandar Udara Banyuwangi menjadi sangat penting untuk memberikan informasi terkini oprasional dan layanan yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram dalam meningkatkan efektivitas informasi di Bandar Udara Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah Simple Random Sampling, di mana sampel yang diambil berjumlah 374 responden dari total 5.898 pengikut akun Instagram tersebut. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji t, koesifisen determinasi dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh signifikan terhadap efektivitas informasi, dengan nilai t hitung sebesar 14.438 yang lebih besar dari t tabel 1,966 dan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Jenis informasi yang paling efektif disampaikan adalah pengumuman jadwal penerbangan, yang dicari oleh 45,2% responden.
Copyrights © 2025