Jurnal Citra Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Citra Pendidikan

POLA GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KEARIFAN PESISIR DI SMP NEGERI 4 KUMAI

Rizkia, Putri Nurjanah Assyfa (Unknown)
Erlinawati (Unknown)
Hartati, Zainap (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa integrasi nilai – nilai pancasila dan nilai – nilai keagamaan dengan kearifan lokal sangat penting untuk membentuk karakter peserta didik. Sehingga guru PAI berperan dalam pembentukan karakter peserta didik melalui rancangan yang dibuat oleh kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi (Kemendikbudristek) berupa proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).Diharapkan adanya P5 dapat berintegrasi dengan kearifan lokal upaya menginternalisasikan nilai – nilai positif pada peserta didik dalam kehidupan sehari -hari. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pola guru PAI dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila berbasis kearifan pesisir di SMP Negeri 4 Kumai, dan implikasi implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila berbasis kearifan pesisir di SMP Negeri 4 Kumai, Kalimantan Tengah. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research. Subjek penelitian adalah Guru PAI. Informan nya kepala sekolah, waka kurikulum dan peserta didik SMP Negeri 4 Kumai yang terlibat dalam implementasi P5 berbasis kearifan pesisir. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumetasi. Selanjutnya, analisis data yang digunakan oleh peneliti berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa P5 diterapkan melalui pembelajaran berbasis proyek, diskusi dan refleksi, pemanfaatan teknologi, serta kolaborasi dengan masyarakat pesisir upaya guru PAI dapat membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai – nilai pancasila dan nilai – nilai keagamaan berbasis kearifan pesisir. Adapun tantangan seperti keterbatasan waktu dan sumber daya dalam pelaksanaan P5 dapat diatasi dengan dukungan dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum sehingga program dapat berjalan dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu ...