Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kebijakan pendidikan Islam pada Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) di Institut Islam Ma’arif Jambi. Proses kebijakan pendidikan merupakan suatu rangkaian tindakan strategis yang dirancang untuk mewujudkan sistem pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, kebutuhan masyarakat, serta peraturan perundang-undangan, khususnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kebijakan pendidikan Islam di Prodi IAT dilakukan melalui lima tahapan analisis kebijakan: inisiasi, estimasi, seleksi, implementasi, dan evaluasi. Setiap tahapan mengacu pada standar operasional prosedur dan dokumen regulatif internal seperti statuta, pedoman pengelolaan, serta peraturan yayasan. Penjaminan mutu kebijakan dilakukan melalui siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan), dengan pelibatan aktif Unit Penjaminan Mutu dan LPM. Meskipun secara umum tata pamong dan tata kelola telah berjalan secara kredibel, transparan, dan akuntabel, masih terdapat tantangan seperti belum terintegrasinya sistem informasi dan arsip data, serta optimalisasi komunikasi kerja sama nasional. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan koordinasi lintas unit, digitalisasi sistem informasi, serta penguatan kerja sama eksternal sebagai strategi pengembangan kebijakan ke depan.
Copyrights © 2025