PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 10 No. 1 (2025)

Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik

Pinasti, Dian Wahyu (Unknown)
Hartinah, Sitti (Unknown)
Nafiati, Dewi Amaliah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Tujuan yang dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan peserta didik untukmeningkatkan literasi sains dengan bahan ajar berbasis SSI untuk meningkatkan literasi sains peserta didikmenengah pertama. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan model penelitianpengembangan atau Research and Development (R&D), untuk menghasilkan media Bahan Ajar IPA BerbasisSocio Scientific Issues (SSI) Materi Pemanasan Global. Penelitian ini mengacu pada model pengembangantelah dimodifikasi dari pengembangan Borg & Gall, teknik pengumpulan data menggunakan angket,wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas,Uji homogenitas, uji t dan uji kelayakan serta efektifitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat pengaruh media Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Peserta Didik SMPNegeri Kabupaten Tegal, dalam hal ini media adalah positif memberikan pengaruh yang signifikan.Kesimpulan yang dapat diperoleh bedasarkan penelitian ini adalah Analisis kebutuhan guru dan siswaterhadap media meliputi analisis kebutuhan terhadap materi, analsisis kebutuhan Terhadap ModelPembelajaran dan Analisis Kebutuhan Terhadap Bahan Ajar. Mengetahui desain pengembangan mediaterdiri dari pemilihan media,pemilihan format, penyusunan soal dan jawaban serta merancang media.Kelayakan media dari tiga validator memperoleh validasi materi sebesar 0.90. Sedangakan pada aspekmedia memperoleh tara-rata sebesar 0.86.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...